Gb

Texas – Capres AS dari Partai Demokrat Barack Obama terus mengungguli rivalnya dari Partai Republik, John McCain. Bahkan di kalangan para penggemar kopi pun, Obama merupakan favorit mereka untuk menjadi presiden baru AS. Hah? Penggemar kopi?

Ya, para penggemar kopi segar 7-Eleven yang terkenal itu bisa menyuarakan pilihan mereka. Mereka bisa memilih Obama atau McCain. Caranya unik.

Pelanggan kopi 7-Eleven tinggal datang ke gerai-gerai 7-Eleven dalam sebulan ini. Kemudian tentukan capres pilihan dengan membeli kopi segar 7-Eleven dan pilih satu di antara dua cangkir kopi 7-election.

Tersedia dua macam cangkir dengan warna berbeda. Warna merah untuk John McCain dengan tulisan McCain. Serta warna biru bertuliskan Obama untuk Barack Obama. Jadi sambil menyeruput nikmatnya kopi, pelanggan 7-Eleven bisa memilih capres pilihan mereka.

Setiap cangkir kopi yang terjual akan dihitung dan hasilnya dilaporkan tiap minggu di media USA Today. Bahkan di situsnya, http://www.7-election.com, hasil nasional antara Obama dan McCain bisa dilihat. Begitu pula dengan perolehan suara untuk masing-masing capres di tiap negara bagian AS.

Menurut perhitungan 7-Eleven, secara nasional, Obama unggul dua digit atas McCain. Obama meraih 59,68 persen sedangkan McCain 40,32 persen. Hasil ini mirip dengan berbagai polling nasional di AS, yang menunjukkan Obama terus mengungguli rivalnya dari Partai Republik itu.

Situs 7-election mengklaim perhitungan mereka sesuai dengan hasil dua pemilihan presiden AS terakhir, yakni pada tahun 2000 dan 2004. Pada tahun 2000, cangkir kopi George W Bush terjual lebih banyak satu persen poin dari cangkir kopi Al Gore.

Begitu pula pada pemilihan presiden tahun 2004, cangkir kopi George W Bush lebih banyak terjual daripada cangkir John Kerry. Hasil perhitungan 7-election bahkan persis sama dengan hasil pemilihan nasional: 59 persen suara untuk Bush dan 49 persen suara untuk Kerry.

7-Eleven merupakan jaringan toko kelontong (convenience store) 24 jam asal AS. Namun sejak tahun 2005 kepemilikannya dipegang Seven & I Holdings Co., sebuah perusahaan Jepang.

Berpusat di Dallas, Texas, 7-Eleven secara global memiliki lebih dari 34.800 gerai di 17 negara.

Didirikan pada tahun 1927 di Oak Cliff, Texas, nama “7-Eleven” mulai digunakan pada tahun 1946. Sebelum toko 24 jam pertama dibuka di Austin, Texas pada tahun 1962, 7-Eleven buka dari jam 7 pagi hingga 11 malam, dan karenanya bernama “7-Eleven” (7-Sebelas).

Setiap gerai 7-Eleven menjual berbagai jenis produk, umumnya makanan, minuman, dan majalah. Di berbagai negara, tersedia pula layanan seperti pembayaran tagihan serta penjualan makanan khas daerah. Produk khas 7-Eleven adalah Slurpee, sejenis minuman es dan Big Gulp, minuman soft drink berukuran besar.

(ita/iy)

Sumber : Detik.com